10 Pesawat Tempur Tercanggih Di Dunia


Saat ini dunia mungkin tidak sedang dalam masa peperangan, yang kami harap sampai kapanpun tidak akan kembali lagi seperti demikian tentunya. Meski demikian seiring dengan berkembangnya zaman, para ilmuwan-ilmuwan di seluruh dunia berlomba-lomba untuk menciptakan mesin-mesin tempur yang tentunya semakin canggih.

Di bawah ini, kami mencoba membuat  daftar pesawat tempur terbaik yang digunakan oleh banyak negara dalam menjaga keamanan negaranya saat ini.


1. F-16 Fighting Falcon


















Kecepatan Maksimum low altitude Mach 1,2 (1.481 km/jam) high altitude Mach 2+ (2.469 km/jam) | Radius Tempur 550 km (450 kg bomb loadService Ceilings 18.000+ m Daya Jelajah 4.220 km | Rate of Climb 254 m/s | Pabrikan General Dynamics, Lockheed Martin Aeronautics
Kami yakin baik anda yang mencintai dunia pesawat tempur maupun yang tidak memahami dunia pesawat tempur ini hampir pasti seluruhnya mengenali pesawat ini. F16 merupakan salah satu karya terbaik Lockheed Martin yang hingga saat ini produksinya sudah mencapai lebih dari 4.500 buah.
F16 yang pertama kali diproduksi pada 1973 ini, hingga kini terus berkembang dengan berbagai macam teknologi barunya. Dapat dikatakan pula bahwa pesawat ini merupakan salah satu pesawat tempur terbaik yang digemari banyak negara, tercatat saat ini 26 negara di seluruh dunia menggunakan pesawat ini sebagai mesin tempurnya. Di Amerika Serikat sendiri dikatakan pesawat ini akan terus digunakan setidaknya hingga tahun 2025 nanti.
Beberapa fitur penting yang dimiliki oleh pesawat ini adalah bubble canopy, tongkat pengontrol di sisi pilot, kursi yang didesain miring 30 derajat yang bertujuan mengurangi dampak g-force pada pilot, serta merupakan pesawat tempur pertama yang menggunakan sistem kontrol penerbangan relaxed static stability/fly-by-wire.
Dengan segudang fitur yang dimiliki dan sejarang yang telah dicatat oleh pesawat ini kami berpendapat bahwa F16 merupakan salah satu pesawat tempur terbaik yang melegenda di dunia penerbangan.

2. F-15 Eagle



















Kecepatan Maksimum low altitude Mach 1,2 (1.481 km/jam) high altitude Mach 2,5+ (3.087 km/jam) | Radius Tempur 1.967 km Service Ceilings 20.000 m Daya Jelajah 5.550 km | Rate of Climb 254 m/s | Pabrikan Lockheed Martin, McDonnel Douglas, Boeing Defense Space and Security
Memiliki usia yang terpaut 3 tahun dengan F16 Fighting Falcon, sejak pertama kali F15 diperkenalkan pada tahun 1972 hingga kini, pesawat tempur ini merupakan pesawat tempur dengan angka kemenangan pertempuran udara tertinggi (mencapai lebih dari 100 kemenangan tanpa kekalahan sekali pun).
F15 telah dilengkapi dengan persenjataan maupun sistem elektronik yang mutakhir. Pesawat tempur ini dibekali dengan radar look down/shoot down, hanya membutuhkan satu pilot untuk mengurangi bobot, serta dibuat dengan bahan yang lebih ringan sehingga menjadi salah satu pesawat tempur tercepat yang pernah ada.
Hingga saat ini Lockheed Martin terus mengembangkan teknologi yang ada, dan dikatakan produksi pesawat ini akan diteruskan hingga berakhir di tahun 2022. Beberapa negara yang setia menggunakan pesawat tempur terbaik buatan Lockheed Martin ini adalah Amerika Serikat, Jepang, Arab Saudi, dan Israel.

3. JAS 39 Gripen




















Kecepatan Maksimum high altitude Mach 2+ (2.414 km/jam) | Radius Tempur 800 km  Service Ceilings 15.240 m Daya Jelajah 3.200 km | Rate of Climb 254 m/s | PabrikanSaab Group
JAS 39 Gripen merupakan satu-satunya pesawat tempur pabrikan Swedia yang masuk ke dalam daftar pesawat tempur terbaik yang kami buat.
Merupakan pesawat tempur single-engine multirole yang dibekali dengan avionik yang terintegrasi sehingga beberapa orang menyebut JAS 39 Gripen merupakan suatu pesawat tempur yang dapat diprogram terus menerus berbasis piranti lunak dengan tujuan meningkatkan performa.
Seluruh aktivitas kokpit dan data dari setiap misi dikumpulkan, dan dapat ditampilkan kemudian secara sistematik. Selain itu JAS 39 Gripen ini juga dibekali dengan segudang teknologi terkini yang tidak mungkin kami jabarkan satu per satu disini.
Beberapa negara yang setia menggunakan jasa JAS 39 Gripen ini diantaranya adalah Swedia, Afrika Selatan, Ceko, hingga Hungaria.

4. MiG 35

















Kecepatan Maksimum at  altitude Mach 2,25 (2.778 km/jam) | Radius Tempur 2.000 km Service Ceilings 17.500 m Daya Jelajah 3.100 km | Rate of Climb 330 m/s | PabrikanMikoyan
Mikoyan MiG-35 merupakan mengembangan dari pesawat MiG-29 M/M2 dan diklasifikasikan sebagai pesawat tempur generasi 4++ sehingga layak untuk dibandingkan dengan beberapa pesawat tempur terbaik yang ada di artikel ini.
Beberapa fitur baru yang terdapat pada pesawat ini diantaranya adalah radar AESA, precision-guided targeting capability, sistem lokalisasi optic (OLS), sistem ground-controlled interception, serta kemampuannya untuk melakukan misi independen multirole seperti kebanyakan pesawat termpur yang kami ulas disini.
Kemampuan utamanya adalah kecepatan yang relatif tinggi, kemampuan rate of climb yang cepat dan service ceilings yang tinggi. Meski demikian untuk mencapai kemampuan tersebut pesawat ini mengorbankan kemampuannya dalam bermanuver.
Dengan seluruh kemampuan yang dimiliki, lazimnya pesawat ini berperan sebagai interceptor yang mampu menembakkan misil dari jarak jauh, secara presisi, serta menekan pertahanan lawan. Meski demikian, sejauh ini baru Rusia dan Mesir yang diketahui akan menggunakan pesawat ini untuk pertahanan negaranya.

5. J-20

















Kecepatan Maksimum Mach 1,7 (2.099 km/jam) | Radius Tempur 2.540 km  Service Ceilings 18.000 m Daya Jelajah 3.400 km | Rate of Climb 300 m/s | Pabrikan Chengdu Aircraft Industry Group
Chengdu J-20 merupakan pesawat tempur generasi 5 yang memiliki kemampuan menyembunyikan diri, alias pesawat siluman. Pesawat dengan pilot tunggal ini merupakan salah satu produksi terbaik Chengdu, yang didesain untuk melakukan misi-misi penyerangan target di darat.
Pesawat ini memiliki badan pesawat yang nyaris tampak seperti menyatu dengan sayap atau lazim disebut blanded fuselage, dilengkapi dengan low jet engine intages, konfigurasi kanard delta, sistem fly-by-wire modern, serta segudang teknologi lainnya.
Menariknya, selain dibekali mounting yang luas di bagian badannya untuk membawa senjata, pesawat tempur ini juga dibekali cannon internal untuk pertempuran jarak dekat.
Beberapa pembeli potensial dari pesawat ini adalah Pakistan, negara-negara Timur Tengah, Amerika Latin, Asia Tenggara, dan negara-negara di benua Afrika.

6. Su-35

















Kecepatan Maksimum at altitude Mach 2,25 (2.778 km/jam) | Radius Tempur 1600 km Service Ceilings 18.000+ m Daya Jelajah 4.500 km | Rate of Climb 280+ m/s | PabrikanSukhoi, Komsomolsk-on-Amur Aircraft Plant
Mudahnya, pesawat ini merupakan hasil pengembangan dari versi Sukhoi SU-27 yang saat ini sudah tergolong pesawat tempur generasi 4++.
Kelebihan pesawat ini adalah kecepatannya serta kemampuan maneuvernya yang luar biasa berkat teknologi three dimensional thrust vectoring yang ditunjang dengan daya jelajah tinggi, service ceilings yang tinggi, serta mampu membawa banyak beban berat, yakni mencapai 8.000 kg persenjataan sekali jalan.
Pesawat ini juga dibekali dengan mesin paling mutakhir yang memberikannya kemampuan supercruise dalam jangka waktu yang lama. Selain itu berkat mesin yang dikembangkan oleh Sukhoi pesawat ini mampu mencapai kecepatan supersonic tanpa menggunakan afterburner.
Negara-negara yang telah memanfaatkan tenaga pesawat ini adalah Rusia serta China. Sementara itu Indonesia pun rencananya ingin membeli pesawat tempur terbaik ini dan dikabarkan sudah berunding dengan pihak Sukhoi.

7. Dassault Rafale















Kecepatan Maksimum Mach 2 (2.450 km/jam) | Radius Tempur 1.852+ km Service Ceilings 15.235 m Daya Jelajah 3.700 km | Rate of Climb 304+ m/s | Pabrikan Dassault Aviation
Berbekal bentuk badan yang serba lancip dan dibekali sistem avionik termutakhir saat ini, pesawat ini sengaja diciptakan untuk misi-misi multirole dalam medan perang. Bentuk badan yang dimiliki Rafale memang istimewa.
Dassault memutuskan untuk mengombinasikan sayap delta dengan kanard jenis active close-coupled. Hal ini akan sangat menunjang maneuver dari pesawat tempur ini. Selain itu pesawat ini mampu menahan -3,6G hingga 9G (bahkan 11G dalam kondisi gawat darurat).
Secara aerodinamik pesawat ini memang tidak stabil. Namun Dassault mengatasi hal ini dengan sistem fly by wire yang kemudian membuat pesawat ini lebih stabil.
Beberapa negara yang menggunakan jasa pesawat tempur terbaik ini adalah Perancis, Mesir, Qatar, India. Sementara beberapa negara yang diharapkan oleh Dassault akan menggunakan pesawat ini adalah Kanada, Finlandia, Malaysia, Polandia, dan Uni Emirat Arab.

8. F-35 Lightning II


















Kecepatan Maksimum Mach 1,6+ (1.930 km/jam) | Radius Tempur 1.239 km  Service Ceilings 15.240 m Daya Jelajah 2.220 km | Rate of Climb dirahasiakan PabrikanLockheed Martin Aeronautics
Mungkin anda mulai sadar bahwa dalam list yang kami buat, pesawat ini merupakan pesawat ketiga yang merupakan produksi Lockheed Martin. Hal ini bukan berarti kami merupakan penggemar berat pabrikan ini.
Namun pada kenyataannya memang Lockheed Martin sukses membuat pesawat siluman generasi kelima dengan segudang teknologi dan kemampuan yang menakjubkan. Salah satu yang dapat ditemui pada pesawat ini adalah kemampuan vertical landing nya.  Maka sudah sewajarnya pesawat ini kami masukkan ke dalam jajaran pesawat tempur terbaik di dunia saat ini.
Secara umum pesawat tempur ini memiliki bentuk yang menyerupai Lockheed Martin F-22 Raptor. Hanya saja pesawat ini kemudian memiliki banyak kemampuan yang lebih canggih. Selain kemampuan landing vertikalnya, pesawat ini bahkan dinisbatkan sebagai pesawat tempur pertama dengan kemampuan siluman dan supersonik yang mampu take off jarak pendek dan landing vertikal (STOVL).
Beberapa peningkatan yang dapat ditemui pada pesawat ini dibanding pendahulunya adalah kemampuan siluman yang low maintenance namun kuat, sensor dan sistem avionik terintegrasi, data berkecepatan tinggi, ALGS, ALIS, CMMS, aktuator elektrohidrostatik, dan masih banyak lagi teknologi-teknologi dengan istilah aviasi yang mungkin sebagian dari anda pun masih asing mendengarnya, dapat ditemukan pada pesawat ini.
Dengan fitur-fiturnya, pesawat ini berhasil menarik minat banyak negara di dunia untuk menggunakan jasanya. Beberapa negara tersebut diantaranya adalah Amerika Serikat, Australia, Denmark, Israel, Italia, jepang, Norwegia, Belanda, Korea, Inggris, hingga Turki.

9. Eurofighter Typhoon




















Kecepatan Maksimum low altitude Mach 1,2 (1.470 km/jam) high altitude Mach 2+ (2.414 km/jam) | Radius Tempur 601 km Service Ceilings 19.801 m Daya Jelajah 3.790 km | Rate of Climb 315 m/s | Pabrikan BAE Systems, Airbus Group, Alenia Aermacchi, Eurofighter GmbH
Sesuai dengan namanya, pesawat ini diusulkan untuk dibuat oleh konsorsium Eurofighter yang terdiri atas negara Jerman, Italia, Inggris, serta Spanyol. Pesawat ini dilengkapi dengan “paket avionic” yang lengkap dan sangat modern. Pada awal-awal produksinya, pesawat ini diciptakan sebagai pesawat tempur air superiority yang memiliki misi untuk merebut ruang udara musuh (air supremacy).
Konsorsium Eurofighter mengklaim bahwa kemampuan pesawat ini mampu menyaingi Dassault Rafale, F-35 Lightning II, atau bahkan F-22 Raptor. Namun bagi kami perdebatan ini tidaklah penting, dan pasti tidak akan berakhir. Karena masing-masing pesawat tempur memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri.
Yang pasti pesawat tempur ini kami masukkan ke dalam daftar pesawat tempur terbaik saat ini berkat kemampuan maneuver, kontrol, serta ketahanan terhadap G Force tinggi yang dikenal luar biasa.
Pesawat ini digunakan oleh banyak negara eropa dan asia barat, yakni Austria, Jerman, Italia, Spanyol, Inggris, Kuwait, Oman, Qatar, hingga Arab Saudi.

10. F-22 Raptor

















Kecepatan Maksimum at altitude Mach 2,25 (2.778 km/jam) supercruise Mach 1,82 (2.247 km/jam) | Radius Tempur 759 km Service Ceilings 19.812 m Daya Jelajah 3.219 km | Rate of Climb 350 m/s | Pabrikan Lockheed Martin Aeronautics, Boeing Defense Space and Security
Satu lagi pesawat dari pabrikan Lockheed Martin, yang membuat kami merasa pantas menyebut Lockheed Martin sebagai produsen pesawat tempur tersukses yang pernah ada. F-22 Raptor merupakan pesawat tempur siluman jenis air superiority layaknya Eurofighter typhoon. Pesawat ini bahkan diklaim nyaris tidak terdeteksi sama sekali di radar musuh. Selain itu pesawat ini mampu membawa persenjataan yang mumpuni.
Hingga saat ini F-22 Raptor tercatat sebagai pesawat tempur siluman dengan teknologi paling canggih serta biaya pembuatan paling mahal yang pernah ada di dunia. Sayangnya teknologi-teknologi terkait sensor dan avionic pada pesawat ini masih dirahasiakan oleh Lockheed Martin.
Pesawat ini memiliki mesin yang mampu melakukan supercruise dengan jarak yang sangat jauh, dikombinasi dengan sistem pengendalian pesawat triplex fly by wire dan thrust vectoring nozzle. Seluruh teknologi ini membuatnya menjadi pesawat dengan manuverabilitas super tinggi, bahkan yang terbaik diantara pesawat tempur yang lain.
Meskipun diklaim sebagai pesawat tempur jenis air superiority terbaik di dunia, hingga saat ini belum ada data statistik yang pasti terkait riwayat tempur pesawat ini. Catatan terbaik yang dimiliki pesawa ini adalah kill ratio melawan Red Air (dalam simulasi tempur) yang mencapai 144 kills tanpa sekalipun kekalahan.
Selain itu catatan tempur pesawat ini masih simpang siur, hal ini terutama karena sejak pesawat ini diciptakan, tidak ada serangan-serangan udara yang terjadi pada negara-negara yang memiliki pesawat ini. Karena hal ini pula lah kemudian pada generasi selanjutnya pesawat ini dibekali kemampuan strike capability sehingga kini termasuk sebagai pesawat tempur siluman dengan jenis multirole fighter.
Kami yakin bahwa anda pun setuju bahwa pesawat ini merupakan pesawat terbaik yang pernah diciptakan oleh manusia. Bahkan hingga detik ini, Lockheed Martin menolak untuk mengekspor pesawat ini ke negara lain selain Amerika Serikat. Hal ini terkait dengan segudang teknologi dan kemampuannya yang dirahasiakan rapat-rapat oleh Lockheed Martin dan amerika.
10 Pesawat Tempur Tercanggih Di Dunia 10 Pesawat Tempur Tercanggih Di Dunia Reviewed by ericrizkyy on Januari 24, 2019 Rating: 5

1 komentar

  1. admin numpang promo ya.. :)
    cuma di sini tempat judi online yang aman dan terpecaya di indonesia
    banyak kejutan menanti para temen sekalian
    cuma di sini agent judi online dengan proses cepat kurang dari 2 menit :)
    ayo segera bergabung di fansbetting atau add WA :+855963156245^_^
    F4ns Bett1ng agen judi online aman dan terpercaya
    Jangan ragu, menang berapa pun pasti kami proseskan..
    F4ns Bett1ng

    "JUDI ONLINE|TOGEL ONLINE|TEMBAK IKAN|CASINO|JUDI BOLA|SEMUA LENGKAP HANYA DI : WWw.F4ns Bett1ng.COM

    DAFTAR DAN BERMAIN BERSAMA 1 ID BISA MAIN SEMUA GAMES YUKK>> di add WA : +855963156245^_^

    BalasHapus

Latest in Sports